motif batik DSCN1299

Motif batik kabupaten Aceh Singkil, Motif batik kabupaten Aceh Tamiang, Motif batik kabupaten Aceh Tengah, Motif batik kabupaten Aceh Tenggara,

motif batik DSCN1299

sekilas batik ini kusam , namun bukan seperti itu maksudnya .. batik ini memang kusam sih   ini sebetulnya bukan batik mang  … ini lutik alias lurik batik, kain ini biasa di jumpai di delanggu ya dekat klaten. Kain ini cocok buat jagong, saya saja memakainya buat acara jagong atau kepesta. untuk spesifikasinya saya sendiri kurang jelas, yang saya tau pasti ini warnanya medekati pink, ya pink keunguan. kain ini di tenun, bukan seperti kain batik katun, kalau kain batik katun di buat kain putih dahulu kemudian baru di warnai. kalau ini tidak, benangnya di tenun dalam kondisi sudah di beri warna, maka biasanya kain ini sangat kuat pewarnaannya dan tidak mudah luntur. kalau di sawang sawang alias di lihat – lihat itu motif mirip dengan bunga teraiaiii  … baiklah akan kita tilik dulu tentang bunga teratai.

miriip kannn  ..?

Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae, okhayyaaa. dan,  Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily, okhayyaaa. dan,  Di Indonesia teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus), okhayyaaa. dan,  Pada zaman dulu orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai), okhayyaaa. dan,  Pada Nelumbo bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung) kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning) daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi, okhayyaaa. dan,  Tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang, okhayyaaa. dan,  Bunga dan daun terdapat di permukaan air keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam sungai atau rawa, okhayyaaa. dan,  Tangkai terdapat di tengah-tengah daun, okhayyaaa. dan,  Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai, okhayyaaa. dan,  Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air, okhayyaaa. dan,  Bunga terdapat pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang, okhayyaaa. dan,  Diameter bunga antara 5-10 cm, okhayyaaa. dan,  Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia, okhayyaaa. dan,  Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir, okhayyaaa.