Pegawai Negeri

Informasi Pegawai Negeri

Menu
Pasang iklan SEO disini Murah, 300.000/6 Bulan dan dapatkan Trafik setiap harinya

Batik Solo Dan Yogyakarta

Feb
28
2014
by : .... Posted in : Blog

Kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang ke kerajaan dan raja-raja berikutnya. Kesenian batik menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Dari kerajaan-kerajaan di Solo dan Yogyakarta sekitamya abad 17 sampai dengan 19. Batik kemudian berkembang meluas, khususnya di wilayah Pulau Jawa. Pada mulanya batik hanya sekadar hobi atau seni dari para keluarga raja melalui media kain pakaian dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar keraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar keraton dan dikerjakan dirumah mereka masing-masing.
Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Bahan-bahan pewarna yang dipakai tediri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga keraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang banyak digemari, baik wanita atau pria. Tapi perkembangan selanjutnya oleh masyarakat batik dikembangkan menjadi komoditi perdagangan.
Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya. Seperti batik cap maupun batik tulisnya. Polanya antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”. Kampung Batik Laweyan adalah salah satu sentral Batik di Solo. Kampung ini Tentunya ada banyak sekali sejarah yang tertinggal di kapung ini dan menjadi icon Batik Solo. Sedangkan Asal-usul pembatikan didaerah Yogyakarta dikenal semenjak kerajaan Mataram ke-I dengan rajanya Panembahan Senopati. Daerah pembatikan pertama ialah didesa Plered. Hampir sama dengan Batik Solo. Pembatikan pada masa itu terbatas dalam lingkungan keluarga keraton yang dikerjakan oleh wanita-wanita pembantu ratu. Dari sini pembatikan meluas pada trap pertama pada keluarga keraton lainnya yaitu istri dari abdi dalem dan tentara-tentara. Pada upacara resmi kerajaan keluarga keraton baik pria maupun wanita memakai pakaian dengan kombinasi batik dan lurik. Karena kerajaan ini dekat dengan rakyat dan rakyat sangat menyukai pakaian-pakaian yang dipakai oleh keluarga keraton dan ditiru oleh rakyat dan akhirnya meluaslah pembatikan keluar dari tembok keraton. Akibat dari peperangan waktu zaman dahulu baik antara keluarga raja-raja maupun antara penjajahan Belanda dahulu, maka banyak keluarga-keluarga raja yang mengungsi dan menetap didaerah-daerah baru antara lain ke Banyumas, Pekalongan, dan kedaerah Timur Ponorogo, Tulungagung dan sebagainya. Meluasnya daerah pembatikan ini sampai kedaerah-daerah di pulau Jawa.

Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal setelah perang dunia kesatu selesai atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjuangan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.

loading...


bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

artikel lainnya Batik Solo Dan Yogyakarta

Tuesday 27 December 2016 | Blog

 TAK LANGSUNG BALIK, PNS LULUSAN IKATAN DINAS AKAN DISEBAR Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi…

Friday 30 May 2014 | Blog

Kota Bharu ( juga Kota Bahru atau Kota Baru ) adalah ibukota negara bagian Kelantan  di…

Thursday 1 May 2014 | Blog

Busana batik ini memang bagus sekali dan kalau ngomongin batik memang ga ada selesainya. Sebuah warisan kebudayaan…

Monday 19 May 2014 | Blog

Setelah sebagian besar terbatas ke Papunya pada 1970-an  gerakan lukisan berkembang pesat pada 1980-an  menyebar ke…